Thursday, March 24, 2016

Perkembangan Teknologi Smartphone

            Bicara mengenai teknologi sudah tidak asing lagi di zaman yang serba modern saat ini dimana perkembangan dalam teknologi khususnya komunikasi dan telekomunikasi sangat pesat dengan begitu cepatnya pengeluaran model-model baru smartphone, bisa kita lihat sendiri bagaimana dalam 2 tahun saja smartphone yang sebelumnya dianggap sangat canggih dan keren akan menjadi biasa saja dengan dikeluarkan smartphone terbaru yang lebih unggul dalam spesifikasinya.


  Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai teknologi komunikasi dan telekomunikasi mari kita membahas dulu sejarah perkembangan bagaimana manusia berkomunikasi dengan yang lain . Pada zaman awal permulaan manusia jauh sebelum diciptakannya telephone oleh alexander graham bell manusia berkomunikasi dengan memberikan tanda berupa asap, bunyi-bunyian, dan cahaya dari api untuk memberikan sebuah sinyal atau tanda kepada sesamanya, pada saat itu kemungkinannya jarak yang dapat dicapai  hanya bisa mencapai lebih kurang 2km .
           

Setelah manusia mulai dapat menulis dan menjinakkan hewan maka manusia menemukan cara dimana pengiriman surat dapat dilakukan menggunakan burung merpati. Cara ini cukup unik, dimana burung merpati  memiliki daya navigasi yang sangat baik, jika dilatih dengan baik, merpati dapat melakukan perjalanan berpuluh-puluh bahkan ratusan kilometer dan mampu memgingat kembali  sarangnya walaupun sudah menempuh perjalanan yang sangat jauh pada saat itu. Luar biasa bukan ?

   Penggunaan burung merpati cukup lama dan bahkan sampai sekarang mungkin masih ada yang menggunakannya. Hingga pada saat manusia menemukan listrik maka ditemukanlah telepon pertama pada tahun 1849 ditemukan oleh seorang yang berasal dari italia yaitu  Antonio Meucci, mungkin kebanyakan orang akan menyangka jika penemu telepon adalah Alexander Graham Bell tetapi menurut fakta yang lebih akurat Antonio Meuccilah penemu telepon pertama.

Dimulai dari penemuan telepon pertama itulah telepon berkembang dengan sangat pesat dimulai dengan jarak yang terbatas hingga dapat menelpon orang lain diseluruh dunia walapun biaya yang dibutuhkan sangat mahal . media transmisinya juga mengalami perkembangan dari menggunakan kabel seperti kawat, kemudian dikembangkan lagi menggunakan kabel yang seperti kabel telepon rumah pada umumnya hingga ditemukan teknologi nirkable menggunakan gelombang radio dengan diciptakannya handphone.
            


                  Handphone juga mengalami perkembangan dengan sangat pesat hingga berubah nama menjadi smartphone dimulai dengan warna hitam putih hingga menjadi berwarna , yang sebelumnya menggunakan keypad sekarang hampir semua handphone/smartphone menggunakan layar sentuh. Ditambahkannya komponen-komponen yang menjadikannya seperti komputer dalam genggaman seperti Processor, Ram yang terus berkembang kapasitasnya.  Bahkan kemampuan mengakses internet juga sangat mengagumkan dengan diciptakannya jaringan 4G dengan kecepatan transfer yang luar biasa hingga mencapai berpuluh-puluh bahkan ratusan megabyte perdetik.  Sekarang jika kita berkomunikasi dengan orang yang sangat jauh bahkan di benua yang berbeda sekalipun menjadi sangat murah dibanding menggunakan telepon biasa dengan menggunakan jaringan internet yang sangat cepat manusia dapat berkomunikasi langsung bahkan dengan videocall dengan menggunakan kamera beresolusi tinggi. Dengan demikian Maka pantaslah jika ada sebagian menyebut istilah “Dunia Dalam Genggaman”.    

Sumber : Wikipedia

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

1 comments: